2012/11/05

Gastro Alley

Ruko Crown Golf, Blok D, No. 23, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara


Baru saja saya mendatangi gathering yang anggota-anggotanya adalah penikmat kuliner. Gathering ini dilaksanakan di restoran milik salah satu anggota, restoran ini bernama Gastro Alley.

Gastro Alley merupakan newcomer di daerah tempat makan di Pantai Indah Kapuk. Karena ini pertamakalinya saya menjejakkan kaki di Pantai Indah Kapuk, maka saya tidak bisa memberi banyak komentar ataupun petunjuk tentang lokasi Gastro Alley. Yang saya bisa komentari hanyalah lokasinya yang jauuuuuuh sekali, karena saya berangkat dari Depok, dan perjalanan ke sana memakan waktu 1 jam lebih melalui tol yang tidak macet.


Tempat duduknya di bagi menjadi dua, di dalam dan di luar. Di bagian luar ada open bar dan juga merupakan tempat bebas merokok.

Outdoor

Indoor

Bagian dalam merupakan tempat bebas asap rokok. Interior berdominan kayu dan berwarna coklat memberikan kesan nyaman dan rasanya cocok untuk duduk berjam-jam. Dan memang sih, anggota-anggota gathering betah duduk berjam-jam di sini.


FOOD & PRICE


Yang spesial dari Gastro Alley adalah steak. Selain itu juga ada masakan Italia dan juga Western.
  • Appetizers: 21.000 - 35.000
  • Soup & Salad: 31.000 - 37.000
  • Steaks: 79.000 - 139.000 (termasuk side dish seharga 17.000 dan saus seharga 5.000)
  • Mains: 45.000 - 83.000
  • Desserts: 39.000 - 47.000
  • Beverages: 18.500 - 33.000
  • Mocktails: 30.000
  • Ready To Drink: 25.000 - 30.000
Harga belum termasuk pajak 10% dan service charge.

FOOD REVIEW

Coffee Latte (29.500)

Segelas kopi dengan latte art yang kurang berhasil. Rasa kopinya kurang kuat dan latte-nya tidak begitu terasa.

Blueberry Mango Basillico (30.000)

Mango puree dengan blueberry sauce yang disajikan dengan gelas cantik yang air di bagian bawahnya berbuih karena adanya dry ice di dalam air yang berwarna.

Lychee Iced Tea (25.000)

Standar teh biasa dengan rasa leci. Leci yang diberikan hanya satu buah, mungkin lebih baik kalau diberikan lebih dari satu buah leci.

Sunset Boulevard (30.000)

Jus cranberry, persik, dan sirup leci yang di-shake bersama, disajikan dengan sebuah leci utuh. Rasanya manis, tidak terlalu asam, dan menyegarkan. So fruity.

Iced Lemon Tea (15.000)

Teh tawar dengan sari lemon yang disajikan dengan gula terpisah. Menurut saya rasa lemonnya sedikit kurang kuat.

Passion Tropic (30.000)

Minuman yang berisi potongan jeruk, jeruk nipis, leci, dicampur dengan sirup leci dan markisa yang dipisah. Rasanya manis dan tidak terlalu asam.

Feliche

Minuman ini diberikan secara gratis karena belum dikeluarkan dalam buku menu, masih dalam tahap penyempurnaan. Rasanya beruntung sekali ya mencicipi suatu hidangan yang belum ada di dalam buku menu. :3 Minuman coklat dengan whip cream di atasnya, rasanya cukup manis dan creamy. Kalau sudah keluar, mungkin menjadi salah satu minuman yang direkomendasikan. Launching soon!

Calamari Ring (35.000)

Calamari yang disajikan dengan saus tartar. Setelah saya coba, ternyata daging cumi-cuminya sangat tipis dan hanya tebal di tepungnya saja. Tepung yang membaluti cumi-cumi memang cukup renyah, tapi menurut saya agak kurang berbumbu. Saus tartar-nya biasa saja.

Baked Potato Skin (29.000)

Ternyata kulit kentang dan kentangnya itu dimasak dengan cara yang berbeda-beda. Pertama kentangnya dikeruk dulu lalu kulitnya digoreng hingga cukup garing, lalu kentang yang tadi sudah dikeruk di taruh di atas kulit kentang yang sudah digoreng itu, ditaburi dengan cheddar, mozarella, bacon bits, daun bawang, dan sour cream, lalu dipanggang.

Kulit kentangnya enak, renyah dan rasanya pas. Untuk kentangnya sendiri, rasanya aneh kalau dicampur dengan sour cream dan rasanya kurang asin.

Serious Wagyu Sirloin Steak (200 gr) (139.000)

Teman saya memesan medium well dan yang datang juga medium well. Dagingnya empuk, juicy, dan bumbunya pas. Sayurannya tidak mentah, direbus sebentar, sehingga teksturnya crunchy dan tidak keras. Sayang sekali brokolinya agak overcooked. Kentang gorengnya juga berukuran pas, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Matangnya pas, sehingga bagian luarnya agak crunchy, tapi di bagian dalamnya lembut.

2C Chicken (73.000)

Daging ayam yang disajikan dengan piri-piri sauce (saus dari Portugis). Dagingnya empuk, matangnya pas, dan bumbunya juga pas. Tapi kata teman saya, piri-piri sauce-nya terasa seperti rendang.

Ronin Wagyu Rib Eye Steak (Grade 6) (149.000)

Rib eye yang dimasak medium dan disajikan dengan mashed potato, sayuran, dan saus red wine. Dagingnya empuk dan bumbunya pas, tapi sayangnya kurang juicy. Mashed potato-nya lembut dan rasanya tidak begitu creamy, mungkin tidak memakai susu.

Gastro Burger (59.000)

Di buku menu-nya tertulis "Lots of Sauteed Mushrooms, Onion Rings, Bacon, and Covered with Melted Smokey, Cheddar Cheese", tapi yang saya dapatkan hanya sedikit sauteed mushroom, an onion ring (not onion rings), dua lembar bacon, dan keju cheddar yang samasekali tidak meleleh.


Rotinya cukup tebal dengan taburan wijen di atasnya, yang saya suka dari rotinya adalah adanya tekstur crunchy di pinggiran rotinya sehingga rasanya tidak membosankan. Onion ring-nya biasa saja, kejunya juga merupakan keju cheddar lembaran biasa yang bisa didapatkan di minimarket atau supermarket terdekat. Bacon-nya sedikit tebal dan tidak pelit :3 Daging burgernya enak, cukup tebal dan bumbunya pas!

Walaupun berbeda dari buku menu, tapi overall sih oke. Porsinya cukup besar dan mengenyangkan. Sayang saus sambalnya kurang pedas.

Xtra Big Burger (69.000)

Sama dengan di atas, bedanya yang ini daging burgernya ada dua.

Serious Wagyu Sirloin Steak (200 gr) (139.000)

 Ini adalah pesanan teman saya, berikut review darinya (dengan sedikit suntingan);
"Saya memesan steak dengan tingkat kematangan medium, dan yang datang juga medium. Teksturnya pas, tapi ada sedikit rasa pahit di lidah, mungkin karena proses pengolahan steak yang di sous-vide terlebih dahulu menggunakan lada sehingga meninggalkan sedikit jejak pahit dari lada.

Kunjungan pertama saya, steak-nya lebih enak, karena aroma sapinya masih terasa. Tapi untuk kunjungan kedua ini, saya kurang suka steak-nya karena rasa dagingnya seperti artificial, rasa sapinya hilang."
Penne Vodka (49.000)

Penne yang dimasak dengan kombinasi tomat, krim, keju, bacon bits, dan vodka. Matangnya pas, tidak keras dan tidak lembek. Rasanya cukup creamy tetapi tidak berlebihan. Saya tidak merasakan vodka sedikitpun. Recommended!

Spaghetti Bolognese (47.000)

Spaghetti dengan saus bolognese yang rasanya berbeda dengan saus bolognese lainnya. Rasanya lebih lembut karena menggunakan daging yang berbeda dan lemaknya juga, sehingga rasanya lebih creamy. Daging yang diberikan juga cukup royal. Matangnya pas, tidak lembek. Porsinya juga cukup banyak dan mengenyangkan.

Espresso Creme Brulee (39.000)

Creme brulee dengan rasa espresso. Lapisan karamel di luarnya keras, tetapi mudah retak. Terasa smokey flavor yang sekilas mengingatkan saya dengan rasa ayam bakar. Untuk isinya, tekstur dan rasanya nya agak sedikit mengecewakan. Teskturnya terlalu encer, sama seperti tekstur creme dessert-nya Elle & Vire (yang sedikit lebih kental). Walaupun berbau kopi, tapi rasanya cukup manis dan rasa espresso-nya sendiri tidak terlalu kuat.

Cheesecake (43.000)

Cheesecake yang disajikan dengan whip cream dan stroberi. Tekstur cheesecake-nya padat, porsinya cukup tebal, pasti mengenyangkan kalau dimakan sendirian (yang ini hanya satu porsi untuk 13 orang), whip cream-nya ada sedikit rasa lemon. Sebaiknya cheesecake dan whip cream-nya dimakan bersamaan untuk menambah rasanya.

Pelayanan sangat baik sekali, pelayan ramah dan sigap dan murah senyum *eh. Kebersihan restoran baik. Tempatnya nyaman untuk kumpul bersama teman atau keluarga. Untuk makanannya sendiri, hampir semuanya enak-enak, termasuk juga minumannya. Overall, 8/10.

No comments:

Post a Comment