2012/08/24

Richeese Factory

Istana Plaza, 3rd Floor
Jl. Pasir Kaliki No. 121-123, Bandung


Beberapa waktu yang lalu, saya pergi ke Bandung selama beberapa hari bersama kedua orangtua saya. Pada jam-jam sebelum keberangkatan pulang, saya agak memaksa orangtua saya untuk mengunjungi tempat terakhir sebelum pulang, sekalian buka puasa gitu. Tempat itu adalah Richeese Factory, tempat yang sudah cukup lama saya incar karena "katanya" chicken wings di sini rasanya benar-benar pedas. Karena saya kira di Jakarta tidak ada Richeese Factory, maka saya tidak mau menyia-yiakan kesempatan ini.

Saya datang beberapa puluh menit sebelum jam buka puasa. Saat itu tempatnya sudah cukup ramai dengan pengunjungnya yang sebagian besar adalah anak-anak kecil bersama orangtuanya, dan anak-anak remaja. Untungnya saya masih mendapatkan tempat duduk untuk kedua orangtua saya.


Richeese Factory merupakan restoran fast-food; memesan di kasir, bayar, lalu makanan langsung disajikan. Di depan kasir tertampang menu-menu makanan lengkap dengan harga dan keterangan. Karena saat itu sudah mendekati jam-jam buka puasa, tempat ini ramai sekali, antriannya pun panjang. Saya mengantri selama kurang-lebih 15-20 menit, tapi setelah sampai di depan kasir dan memesan, makanannya pun cepat disajikan.

FOOD & PRICE


Pastinya semua orang sudah mengetahui snack-snack Richeese yang selalu mengandung keju. Begitu juga di Richeese Factory, semua makanan di sini selalu mengandung keju dan ayam.
  • Sandwich: 17.237
  • Salad: 7.272 - 10.909
  • Soup: 5.000
  • Bowl: 16.364
  • Chicken: 10.909 - 89.091
  • Fire Wings: 15.909 - 24.091
  • Snacks: 10.909 - 15.000
  • Dessert: 6.818 - 76.364
  • Beverages: 5.000 - 9.091
  • Combo: 20.455 - 29.091
*Harga sudah termasuk pajak 10%

FOOD REVIEW
Mineral Water (5.000)

Air mineral dingin berisi 380 ml. Mahal ya untuk ukuran segitu.

Nachos Beef Chili Cheese (12.727)

Keripik tortilla yang di atasnya diberikan beef chili dan saus keju. Keripiknya agak keras dan rasanya hambar, beef chili-nya mirip dengan saus bolognaise dan rasanya tidak pedas sama sekali, saus kejunya cair dan rasanya tidak begitu gurih seperti keju di snack-snack Richeese.

Richeese Chicken Salad (10.909)

Salad yang terdiri dari daun selada, tomat, jagung yang dipipil, kentang rebus, dan potongan ayam, lalu disiram dengan saus keju dan mayonnaise, lalu ditaburkan parutan keju. Semuanya disajikan dingin, termasuk ayamnya. Rasanya sama seperti salad pada umumnya. Biasanya salad identik dengan makanan sehat, tapi kalau salad-nya Richeese ini.. A big "NO" for health.

Cream Cheese Soup (5.000)

Sup krim yang berisi suwiran daging ayam, potongan kentang dan jagung yang dipipil yang tidak terlalu banyak, lalu ditaburkan keju parut. Kekentalan supnya pas, rasanya juga enak, mungkin karena MSG-nya juga banyak.

6 Pieces of Beginner Fire Wings (24.091)

Fire Wings di sini mempunyai 6 level, yaitu:
  1. Level 0, beginner
  2. Level 1, medium
  3. Level 2, hot
  4. Level 3, x-tra hot
  5. Level 4, x-treme
  6. Level 5, ultimate
Yang saya pesan ini adalah fire wings level beginner, alias level 0. Fire wings-nya berukuran cukup besar. Dagingnya tebal, empuk, juga juicy, dan kulitnya garing. Saus yang melumuri fire wings-nya berwarna merah kecoklatan. Rasanya tidak begitu pedas dan agak manis.

Dipping Sauce

Setiap porsi Fire Wings diberikan dipping sauce yang berupa saus keju cair ala Richeese.

6 Pieces of Ultimate Fire Wings (24.091)

Karena saya penggemar berat makanan pedas, tanpa ragu-ragu saya memesan Fire Wings dengan level ultimate, alias level yang paling tinggi, yang paling pedas. Sekilas tidak ada bedanya dengan Fire Wings di atas, tapi kalau diperhatikan, saus yang melumuri ayamnya berwarna merah. Begitu saya cicipi, BENERAN PEDES. Ini pedasnya beneran, gak kayak restoran anu atau saus sambal merk anu yang ngaku-ngaku pedas tapi setelah dicoba rasanya gak ada pedas-pedasnya. Tapi bisa dirasakan kalau pedasnya itu pedas lada, panasnya hanya di mulut saja. Berbeda dengan cabai rawit yang tidak pedas di mulut tapi panas di perut. Setelah makan ini saya tidak mempunyai masalah dengan perut saya kok.

Rasa pedasnya begitu mendominasi sehingga rasa ayamnya sendiri jadi tidak terasa. Saya sih suka dengan rasa pedasnya, tapi menghabiskannya itu benar-benar butuh perjuangan loh.


Untungnya ada dipping sauce sehingga rasa pedasnya tidak begitu menyengat. Tapi tetap saja saya megap-megap menghabiskannya.. -_- Yang suka pedas wajib pesan menu yang satu ini!

Menurut saya sih makanan selain Fire Wings-nya tidak begitu mengesankan, karena yang paling mengesankan ya Fire Wings-nya itu sendiri. Eh, ternyata di Jakarta juga ada Richeese Factory. Sekarang saya tidak perlu menyebrangi kota kalau ingin mencicipi Fire Wings-nya. 7.5/10!

12 comments:

  1. Terus Richeesenya mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tuh keju cairnya :v

      Delete
    2. trus mesennya apa blg mesen fire wings atau rechesee :v

      Delete
    3. trus mesennya apa blg mesen fire wings atau rechesee :v

      Delete
  2. demmm
    lum kesampean makan gnian
    nanti klo makan gw cubain yg pualing pedes
    extreme yeh
    hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu gua coba yang paling pedes levelnya. pedes lada doang sih, gak ngefek ke perut.

      Delete
  3. wah ini dassyaaaat pedes nya, tapi pedasnya ngga gurih kaya cabe indo .. ada yang aneh rasa pedas nya beda deh heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang beda pedasnya, kalau yang ini pedas lada, bukan pedas cabai.

      Delete