2012/08/18

Hakata Ikkousha

Jl. Muara Karang Raya No.85, Jakarta Utara


Sudah lama sekali saya ingin mencoba ramen di Hakata Ikkousha karena banyak orang berkata ramen di sini rasanya benar-benar enak. Namun keinginan itu sering tertunda karena tidak ada teman yang mau memberikan tebengan dan kurangnya informasi lokasi karena saya benar-benar buta daerah Jakarta Utara. Pada akhirnya ada seorang teman yang baik hati dan juga hobi makan mau menemani saya ke Hakata Ikkousha. Terima kasih teman!

Terletak di pinggir jalan Muara Karang Raya, bersebelahan dengan Blue Sky Restaurant. Tempatnya tidak begitu mencolok sih, yang mencolok adalah papan-papan bertuliskan "RUMAH BAHAGIA PERTAMA" atau "SUP MIE AYAM ASLI JEPANG", beberapa tulisan promosi lainnya, dan foto cowok narsis (ga tau itu siapa :v).


Saya dan teman saya sampai di tujuan pukul lima kurang beberapa belas menit, ternyata saat itu Hakata Ikkousha tutup karena masih jam istirahat dan mulai buka lagi jam lima tepat. Saya dan teman saya duduk di kursi yang sudah disediakan untuk menunggu. Tidak lama kemudian, Hakata Ikkousha pun mulai buka. Karena baru saja buka, maka saya tidak kesulitan mendapatkan tempat duduk. Teman saya memilih untuk duduk di dekat dapur, membelakangi meja-meja utama.


Tempatnya tidak begitu luas namun bisa menampung banyak orang. Suhu ruangan tidak begitu dingin namun tidak pengap. Pelayanannya cepat dan sigap, waiter berbicara dengan jelas dan juga merekomendasikan menu-menu yang paling sering dipilih untuk yang pertamakalinya datang ke sini.

Begitu saya melihat kondisi di belakang saya..


Meja-meja itu sudah terisi penuh dan sudah ada yang mengantri juga. Tempat ini benar-benar ramai! Sepertinya semua orang penasaran dengan kenikmatan ramen di sini atau ketagihan dengan rasa ramen-nya.

Bumbu-bumbu tambahan

Di setiap meja disediakan bumbu-bumbu untuk menambah rasa, seperti lada, garam, minyak cabai, dan sebagainya.

FOOD & PRICE


Menu andalannya tentu saja ramen. Selain ramen, di sini juga disediakan nasi atau hot plate.
  • Ramen: 38.000 - 48.000
  • Tuke Men: 48.000
  • Topping: 3.000 - 8.000
  • Donmono (Rice Bowls): 9.000 - 98.000
  • Yakitori (Skewers): 8.800 - 24.800
  • Hot Plate: 28.000 - 118.000
  • Onomimono (Drinks): 12.800 - 32.000
  • Sup: 9.800
  • Ippinmono (Appetizers): 25.000 - 58.000 
Harga belum termasuk 10% pajak dan 2.5% servis.

Sebelumnya saya ditegur tidak boleh mengambil foto buku menu. Kenapa ya? Takut mengalami kejadian yang sama dengan warung ramen sebelah? *If you know what I mean.

FOOD REVIEW

Ocha (8.800)

Saat memesan ini, waiter menanyakan saya ingin ocha dingin atau panas. Segelas ocha dingin dengan rasa yang tidak begitu pahit dan tidak habis-habis, karena refill.

Gyoza Bakar (28.000)

Gyoza berisi daging babi dengan ukuran yang tidak terlalu besar yang salah satu sisinya dimasak hingga kecoklatan agak gosong. Rasanya biasa saja. Menurut saya lebih enak gyoza-nya Ramen38.

Mini Chasu Don Babi (12.000)

Ada paketnya, bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah jika ingin makan ramen dan juga ingin makan nasi. Jika mau, tinggal pesan ke waiter, lalu waiter akan mengantarkan semangkuk kecil nasi dengan potongan daging babi yang cukup banyak tapi dingin.

Gyoza Goreng (28.000)

Ukurannya sama dengan gyoza bakar, tetapi yang ini digoreng hingga kulitnya keras dan berwarna kecoklatan. Saat saya menggigitnya, kulitnya renyah, tapi ternyata di dalamnya terdapat minyak panas yang menggenang dan sempat membuat mulut saya melepuh. Ternyata minyaknya tidak ditiriskan dengan baik, rasanya pun biasa saja, masih lebih baik gyoza bakar.

Ramen Babi Spesial (38.000)

Ini dia yang banyak dibicarakan, yang disebut-sebut banyak orang sebagai "ramen yang paling enak". Semangkuk ramen dengan sebutir telur yang dibelah menjadi dua, beberapa potongan daging babi, taburan daun bawang dan wijen. Mie ramennya lurus dan tidak terlalu tebal dan juga kenyal. Telurnya 3/4 matang, karena ada bagian kuning telur yang mulai mengeras. Pasti lebih enak jika setengah matang. Potongan daging babinya cukup banyak, tapi kebanyakan adalah lemak. Walaupun lemaknya gurih dan meleleh di mulut, saya tetap tidak menyukai tekstur lemak yang kenyal dan licin. Kuahnya cukup kental dan gurih sekali, tapi entah kenapa saya merasa Tonkotsu Chasu Men-nya Ramen38 lebih enak.

Bawang putih mentah sebagai bumbu tambahan

Sebelum makan, saya juga menambahkan bawang putih yang dihancurkan menggunakan crusher-nya. Ini membuat rasa ramennya makin gurih dan enak!

Hakata Ikkousha secara keseluruhan cukup baik, mulai dari tempatnya, pelayanannya, dan makanannya. Saya dengan senang hati akan datang ke sini lagi untuk memakan ramennya lagi. 8.5/10.

No comments:

Post a Comment