2014/03/07

Puncak Pass Resort

Jl. Raya Puncak, Cianjur, Jawa Barat
0263-512503


Kira-kira sebulan yang lalu, kakak saya tiba-tiba mengajak saya pergi ke Puncak. Saat itu saya sedang berada di rumah karena libur pergantian semester, berdua dengan kakak saya saja karena kedua orangtua saya sedang pergi ke Bogor untuk bekerja. Karena tidak ada kegiatan, maka saya setuju untuk menemani kakak saya pergi ke Puncak. Kita berangkat dari Jakarta jam 11 malam, dan baru sampai di penginapan tempat orangtua saya menginap jam 2 pagi.

Selain menyusul kedua orangtua saya, kakak saya juga mengajak saya untuk bernostalgia. Dulu waktu saya dan kakak-kakak saya masih kecil, kita bertiga sering diajak berlibur ke Puncak oleh kedua orangtua saya. Ada satu tempat yang selalu kami kunjungi jika pergi ke {uncak, yaitu Puncak Pass Resort.

Puncak Pass Resort merupakan sebuah penginapan dengan konsep vila dan taman-taman terbuka, di sini terdapat beberapa rumah kecil dengan cerobong asap. Untuk informasi selengkapnya silahkan kunjungi website-nya. Selain itu di Puncak Pass Resort ini juga ada sebuah restoran klasik yang menyediakan makanan-makanan Indonesia, Belanda, Italia, Western, dan lain-lain.


Setelah lama tidak kesini, tempat ini mengalami banyak perubahan. Mulai dari pemindahan toko oleh-oleh, pergantian meja dan kursi, pemasangan atap di bagian luar, dan lain sebagainya. Walaupun begitu, masih ada beberapa hal yang tidak diganti atau diubah.

Indoor

Di sini bisa memilih untuk duduk indoor maupun outdoor. Interior bagian indoor dibuat dari kayu-kayu dan menggunakan lampu berwarna kuning sehingga memberikan kesan yang hangat dan nyaman. Walaupun terlihat sedikit kuno namun hal itu menjadi nilai plus untuk environment restoran ini, masih terlihat klasik dan terkesan mewah.


Di setiap meja disediakan dua botol Aqua, yang tentunya tidak gratis

Dan untuk bagian outdoor terdapat beberapa meja-meja dan kursi-kursi yang bisa menampung kurang lebih 50 orang.

Outdoor

Dulu waktu saya masih kecil, belum ada atap di luar sehingga kalau hujan semua orang pindah ke dalam. Namun sekarang sudah dipasangi atap, tidak perlu panik lagi jika turun hujan. Di luar juga bisa menikmati hijaunya pepohonan dan segarnya udara. Udaranya cukup dingin, dan semakin dingin jika mulai berkabut dan turun hujan rintik-rintik. Disarankan untuk memakai baju hangat jika ingin duduk di luar.

FOOD & PRICE


Tersedia berbagai macam variasi makanan; Indonesia, Belanda, Italia, dan Western. Di sini juga dijual minuman beralkohol, termasuk wine yang dijual botolan.
  • Menu Breakfast (Served from 07.00 - 10.00): 21.000 - 53.000
  • Heritage Selection (Served from 07.00 - 10.00): 21.000 - 42.000
  • Menu Tempoe Doeloe: 6.000 - 280.000
  • Cold Beverages: 18.000 - 29.000
  • Hot Beverages: 15.000 - 24.000
  • Alcoholic Beverages: 40.000 - 900.000

FOOD REVIEW

Puntjak Tea (15.000) & Ovaltine (18.000)

Padahal saya mintanya yang panas mendidih, namun yang saya dapatkan sudah menjadi hangat. Mungkin karena faktor angin kencang, udara dingin, dan ketebalan cangkir yang tipis, sehingga minuman panas cepat sekali menjadi dingin.

Rasa? Biasa saja.

Corn and Crabmeat Soup (35.000)

Disajikan dengan dua buah roti dan sekotak kecil mentega. Tekstur supnya cukup kental dengan isi jagung dan daging kepiting yang cukup royal, namun daging kepitingnya tidak begitu terasa, terkadang ada beberapa potongan daging kepiting yang masih menempel dengan kulitnya yang cukup keras itu.

Daripada supnya, saya lebih menyukai rotinya. Empuk dan hangat, tidak terlalu manis, dan makin enak dimakan jika roti tersebut diolesi mentega.

Nasi Goreng Puncak Pass (42.000)

Disajikan dengan telur ceplok, ayam goreng, sambal, sayur-sayuran, dan kerupuk udang. Saya tidak mencicipinya, namun kata kakak saya rasanya standar nasi goreng biasa.

Hollandse Poffertjes (29.000)

Poffertjes merupakan kue tradisional khas Belanda. Ini merupakan makanan yang daridulu selalu saya pesan setiap kali ke Puncak. Berbentuk seperti bola kecil yang ditaburi gula bubuk. Teksturnya lembut, namun untuk rasanya sih ya rasa adonan tepung doang, tidak terlalu manis dan cocok dimakan bersama gula bubuk dan selai strawberry campur blueberry.

Menurut saya, harga-harga makanan yang ada di restoran Puncak Pass Resort ini tergolong murah untuk standar restoran hotel jika dibandingkan dengan restoran-restoran hotel lainnya. Tempatnya nyaman untuk duduk berjam-jam, berdua dengan pasangan atau berkumpul bersama keluarga atau teman. Service-nya juga baik, pelayan dengan cepat tanggap dalam melayani pesanan. 7.8/10.

4 comments:

  1. Thank you review nya! :)

    ReplyDelete
  2. saya suka konsep hotelnya, klasik dan asri dikelilingi pegunungan. Poffertjes-nya lumayan :)

    ReplyDelete